rajaview

Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sayuran, Cocok Untuk Para Ibu-Ibu

19 Okt 2020  |  54xDitulis oleh : Admin
Begini Cara Agar Anak Mau Makan Sayuran, Cocok Untuk Para Ibu-Ibu

Aghil - Seperti kita ketahui, sayuran menjadi salah satu musuh bagi anak-anak. Bahkan, menurut tim penelitian di Inggris, anak-anak yang menolak makan sayur mencapai 46%. Bagi orangtua, 75% mereka khawatir akan gizi dari anak-anak mereka.

Hal ini tentu wajar saja, karena orangtua tentu ingin memberikan nutrisi yang baik bagi anak-anaknya. Namun, sebagian gizi tersebut didapatkan dari sayuran yang kebanyakan anak-anak tak menyukainya.

Jika Anda juga memiliki masalah yang serupa, cobalah beberapa tips dibawah ini yang bisa menjadi solusi agar anak mau makan sayuran. Dikutip dari laman Brightside, berikut selengkapnya.

1. Ajak Anak Ikut Belanja Bahan Makanan

Tips pertama, libatkanlah anak Anda dalam memilih makanan yang akan mereka makan nantinya. Selain itu, jelaskan juga dari mana asalnya.

Anda juga bisa mengajaknya ke pasar tradisional dan biarkan mereka memilih sayuran. Biasanya, anak-anak cenderung akan memakan sesuatu yang ia pilih sendiri.

2. Masukkan Sedikit Kandungan Gula dalam Menu Makanan

Anak-anak sangat menyukai hal yang manis. Anda bisa menyiasati masakan dengan menambahkan gula pada masakan Anda. Tentu dengan takaran yang sesuai. Misalnya, Anda bisa memanggang wortel dengan taburan gula merah. 

Cara ini untuk membuat mereka memakan sayuran karena kebutuhan rasa manis. Nantinya, mereka akan terbiasa dengan sayuran maupun buah-buahan.

3. Buat Kreasi Makanan yang Kreatif

Cara ketiga adalah dengan berkreasi pada masakan Anda. Atur sajian masakan sehingga membuat anak-anak tertarik pada masakan tersebut. Misalnya dengan membuat sajian seperti karakter kartun, wajah lucu, dan yang lainnya.

Silahkan berkreasi!

4. Biarkan Mereka Makan Makanannya Sendiri

Keempat, biarkan mereka melatih kemandirian dengan membiarkan mereka memakan makanannya sendiri. Dibutuhkan beberapa kali percobaan hingga mereka akan menghabiskan makanan mereka nantinya. Dengan ditinggal sendirian, pada akhirnya mereka akan mencoba semuanya.

5. Libatkan Anak dalam Proses Memasak

Cara terakhir libatkan mereka dalam memasak sayuran. Hal ini tentu membutuhkan usaha yang lebih keras dan kesabaran dalam membimbingnya. Namun, nantinya hasil akan luar biasa. Karena mereka akan menghargai apa yang mereka buat sendiri.

Rencanakan kegiatan ini bersama anak Anda di dapur. Jadikan memasak ini menjadi sebuah hiburan dan liburan bagi keluarga.

Jika mereka masih terlalu kecil, cobalah hidangan mudah yang bisa mereka susun sendiri. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar anak-anak dapat menyukai sayuran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: