RajaKomen

Al Masoem: SMP Islam di Bandung dengan Konsep Sekolah Ramah Anak

15 Jan 2024  |  115xDitulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Al Masoem adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat. Lembaga ini memiliki jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga SMA. SMP Al Masoem merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang terkemuka di Indonesia.

Salah satu keunggulan SMP Al Ma'soem adalah konsepnya sebagai sekolah ramah anak. Konsep ini diwujudkan dalam berbagai kebijakan dan program yang bertujuan untuk melindungi dan menjamin hak-hak anak, serta menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Al Masoem: SMP Islam di Bandung dengan Konsep Sekolah Ramah Anak

Ketika sebuah sekolah memiliki sebuah sistem, maka sistem itu harus bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu kebijakan dari program yang diterapkan harus benar benar diwujudkan dengan baik. Berikut adalah beberapa kebijakan dan program yang diterapkan oleh SMP Al Masoem untuk mewujudkan konsep sekolah ramah anak:

Pembentukan tim perlindungan anak (TPA).

TPA merupakan tim yang terdiri dari guru, tenaga kependidikan, dan orang tua yang bertugas untuk melindungi dan menjamin hak-hak anak di sekolah.

Pencegahan kekerasan, diskriminasi, dan bullying.

SMP Al Masoem memiliki kebijakan yang tegas untuk mencegah terjadinya kekerasan, diskriminasi, dan bullying terhadap anak.

Pengembangan potensi dan bakat anak.

SMP Al Masoem menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh anak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Pembelajaran yang menyenangkan.

SMP Al Masoem menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning) yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak.

Sistem Poin Pelanggaran.

SMP Al Masoem menggunakan sistem poin pelanggaran, ini yang menjadi pembeda dengan sekolah lain dimana SMP Al Masoem ini tidak menyediakan hukuman secara fisik. Kenapa harus demikian? Karena pada dasarnya seorang peserta didik akan merasa dihargai ketika mereka melakukan pelanggaran tapi tidak dihukum secara fisik, maka dari itu Al Masoem menggunakan sistem poin pelanggaran. Selain itu sistem poin pelanggaran juga sebagai sarana membuat siswa agar jera tanpa menyakiti tapi cukup membuat mereka jera. Bahkan imunitas siswa dan santri di Al Masoem juga terbatas yaitu siswa hanya 100 poin dan santri 250 poin dan akan berkurang ketika mereka melakukan pelanggaran, dan bisa di kurangi dan diputihkan kembali ketika mereka melakukan tindakan tindakan terpuji.

Dengan penerapan konsep sekolah ramah anak, SMP Al Masoem ingin menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak. Lingkungan belajar yang demikian akan mendukung perkembangan anak secara optimal, baik secara akademis, emosional, maupun sosial.

Manfaat Konsep Sekolah Ramah Anak bagi Siswa dan Santri

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa ketika mereka harus belajar di lingkungan yang memiliki konsep sekolah ramah anak dan berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh anak dari belajar di sekolah ramah anak:

  1. Merasa aman dan nyaman. Anak yang merasa aman dan nyaman akan lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar.
  2. Memiliki harga diri yang tinggi. Anak yang merasa dihargai akan memiliki harga diri yang tinggi dan mampu mengembangkan potensinya secara maksimal.
  3. Memiliki hubungan sosial yang baik. Anak yang belajar di lingkungan yang positif akan lebih mudah menjalin hubungan sosial yang baik dengan teman-teman dan gurunya.

Jika Anda ingin menyekolahkan putra-putri Anda di sekolah Islam yang menerapkan konsep sekolah ramah anak, SMP Al Ma'soem adalah pilihan yang tepat.

Kesimpulan : Jika anda mencari SMP Islam di Bandung dengan Konsep Sekolah Ramah Anak, pilihlah Al Masoem

Al Masoem menunjukkan bahwa pendidikan yang holistik, yang memperhatikan aspek kesejahteraan dan perkembangan anak secara menyeluruh, merupakan kunci untuk mencetak generasi yang tangguh dan berdaya saing. Konsep sekolah ramah anak bukan hanya menjadi tren, tetapi juga menjadi kebutuhan mendesak dalam membangun masa depan pendidikan yang lebih baik. Dengan demikian, Al Masoem memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengadopsi pendekatan serupa demi menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan membangun karakter anak-anak secara positif.

 

Baca Juga: