rajabacklink

Fakta Unik Tentang Komodo, Satwa Endemik Asli Indonesia

27 Okt 2020  |  70xDitulis oleh : Admin
Fakta Unik Tentang Komodo, Satwa Endemik Asli Indonesia

Aghil - Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan beredarnya foto viral komodo yang menghadang truk. Peristiwa tersebut terjadi di Pulau Rinca, Labuan Bajo, NTT.

Komodo merupakan sebuah satwa endemik asli Indonesia, dimana hanya di Indonesia satwa ini berada. Simak yuk beberapa fakta unik dan menarik tentang Komodo, satwa langka asli Indonesia ini.

1. Spesies kadal terbesar di bumi

Komodo merupakan spesies kadal terbesar yang ada di bumi. Julukan dari komodo ini adalah 'Komodo Dragon'. Komodo dewasa mampu mencapai panjang 10 kaki dengan berat 300kg

Komodo memiliki kepala panjang dan rata dengan moncong bulat, kulit bersisik, kaki membungkuk, dan ekor besar berotot.

2. Hanya dapat ditemukan di Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan, Komodo hanya dapat ditemukan di Indonesia. Menurut sejarahnya, Komodo ini berkembang biak di Kepulauan Sunda Kecil selama jutaan tahun. Komodo lebih menyukai hutan tropis.

Komodo ini merupakan hewan pemalas, dimana mereka lebih suka untuk tinggal dan berada didekat sarang mereka. Komodo jarang bepergian jauh dari tempat mereka dilahirkan.

3. Komodo dapat bereproduksi tanpa kawin

Saat musim kawin, Komodo betina akan mengeluarkan bau dari kotorannya yang kemudian akan diikuti oleh Komodo jantan. Komodo jantan kemudian akan menemukan sang betina, dan menggaruk punggung dan menjilat tubuhnya.

Jika sang betina membalas jilatan sang jantan, maka proses kawin akan terjadi.

Namun, Komodo betina memiliki cara lain untuk bereproduksi. Komodo betina dapat bereproduksi tanpa kehadiran Komodo jantan. Hal ini karena Komodo betina memiliki kromosom kelamin jantan dan betina.

Komodo betina dapat bereproduksi secara aseksual dalam proses yang disebut partenogenesis.

4. Kamuflase seperti bunglon

Komodo dikenal karena kecepatannya yang lambat. Untuk mendapatkan mangsanya, ia akan berkamuflase dan berbaring menunggu mangsa untuk datang ke tempat persembunyiannya.

Ketika mangsa lewat, Komodo akan mengeluarkan cakarnya yang tajam dan bergerigi untuk menerkam mangsanya.

5. Kelenjar racun yang mematikan

Untuk membunuh mangsanya, Komodo memanfaatkan kelenjar racun yang membuat tekanan darah menjadi turun, pendarahan hebat, mencegah pembekuan darah, dan menyebabkan syok pada mangsanya.

Komodo menggigit dengan gigi bergerigi dan otot leher yang kuat sehingga, mengakibatkan luka besar menganga pada mangsanya. Racun itu kemudian mempercepat kematian mangsanya.

6. Indera penciuman yang tajam

Mangsa yang sudah ditargetkan oleh Komodo takkan bisa lolos setelah diterkam oleh Komodo. Dengan indra penciumannya yang tajam, ia akan mengikuti mangsa yang lolos bahkan jika mangsa tersebut bermil-mil jauhnya.

Mereka memiliki nafsu makan yang besar dan diketahui dapat memakan mangsa yang berukuran hingga 80 persen dari berat badannya dalam sekali makan.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik dari Komodo yang perlu Kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: