rajaview

Pengertian dan Macam-Macam Teknik SEO

29 Jul 2020  |  179xDitulis oleh : Admin
Pengertian dan Macam-Macam Teknik SEO

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu internet? Segala hal bisa dilakukan melalui internet termasuk mencari informasi, jual beli, belajar mengajar, bekerja, dan sebagainya. Di internet juga terdapat internet marketing yang berguna untuk memasarkan segala sesuatu melalui internet. Ada banyak sekali metode internet marketing yang dapat digunakan terutama untuk bisnis online salah satunya yaitu SEO atau Search Engine Optimization. Metode ini bertujuan untuk menempatkan website di halaman utama mesin pencari agar lebih banyak pengunjung yang mengunjungi website. Ada dua macam teknik yang sering digunakan yaitu SEO on page dan SEO off page. Berikut ini penjelasan singkatnya.

SEO On Page

SEO on page merupakan teknik optimasi yang paling banyak memberikan efek pada website. Pasalnya teknik ini lebih fokus pada isi website. Misalnya untuk penulisan artikel harus menggunakan kata kunci tertentu yang banyak dicari dalam mesin pencari. Penggunaan judul yang mengandung kata kunci juga sangat penting. Selain itu, metadeskripsi juga dapat menjadi nilai tambah agar artikel dapat terindeks mesin pencari. Jadi tujuan utama penggunaan teknik SEO on page adalah untuk lolos algoritma mesin pencari.

SEO Off Page

Selain SEO on page, teknik yang juga digunakan dalam SEO yaitu SEO off page. Jika SEO on page berfokus pada isi atau konten website, maka SEO off page tidak berhubungan dengan algoritma mesin pencari. Teknik ini lebih menekankan pada kepuasan pembaca ketika membaca artikel. Jika artikel dalam website tersebut disukai pembaca, maka dapat penjadi daya tambah untuk mesin pencari. Sebab jika artikel tersebut disukai oleh pembaca, maka mesin pencari pun akan menyukainya dan bisa menempati peringkat atas mesin pencari tersebut. Maka dari itu jangan hanya menulis artikel dengan kata kunci saja. Tetapi perhatikan isi dan pemilihan katanya agar enak dibaca.

Kedua teknik tersebut dapat dilakukan secara terpisah. Akan tetapi, hasilnya akan lebih terlihat jika diterapkan secara bersamaan. Sebab, disukai oleh mesin bukan berarti disukai juga oleh pembaca.

Baca Juga: