hijab

7 Alasan Mengapa Pembelajaran Daring Lebih Efektif

2 Jul 2020  |  145xDitulis oleh : Admin
7 Alasan Mengapa Pembelajaran Daring Lebih Efektif

Pembelajaran daring sudah populer sejak lama. Namun, saat ini, banyak orang cenderung mencari ilmu secara online. Alasan mereka hanya satu: PRAKTIS. Tetapi, bagaimana efektivitasnya? Simak  7 alasan mengapa belajar secara online jauh lebih efektif daripada belajar secara konvensional yang dibatasi oleh ruang dan waktu.

1. Materi Pembelajaran Lebih Luas

Pakar pendidikan di dunia barat telah melakukan penelitian dan sepakat bahwa mereka yang aktif dalam pembelajaran daring menyerap ilmu lima kali lebih banyak ketimbang mereka yang sekolah atau kuliah secara konvensional.

Alasannya adalah fleksibilitas belajar online, sehingga partisipan atau murid dapat juga memilih mata pelajaran lain saat mereka masih ada waktu. Selain itu, kenyamanan membuat murid dapat menyerap pelajaran lebih mudah.

2. Siswa Lebih Bertahan Pada Sistem Pembelajaran Online

Pembelajaran online lebih banyak mempertahankan siswa, ketimbang kursus konvensional. Kursus online telah meningkatkan tingkat retensi siswa hingga 60%. Mereka betah karena konten multimedia yang menarik dan inovatif. Selain itu, murid dapat mencari materi lain yang mereka suka, dari jenis pembelajaran selain yang mereka tekuni.

3. Butuh Sedikit Waktu Saja

Pembelajaran online hanya butuh sedikit investasi waktu. Dengan belajar secara daring, siswa dapat mulai belajar setelah mereka selesai dengan aktivitas lainnya. Bahkan belajar online bisa saja sangat efektif meski dilakukan dengan singkat, asal materi yang dipelajari memiliki tingkat komprehensif tinggi.

4. Penilaian Dari Tutor Lebih Intens

Hal positif dari belajar daring adalah kemudahan tutor untuk memberi penilaian secara rutin dan sering. Selain itu, tutor juga lebih fokus pada murid-murid mereka, ketimbang tutor di kelas konvensional.

5. Siswa Lebih Kreatif

Tanpa adanya batasan ruang dan waktu, siswa dapat mencari materi pembelajaran dengan lebih luas. Kebanyakan universitas yang berfokus pada kewirausahaan memaksimalkan pembelajaran online. Institusi tersebut sering memberi materi yang menuntut siswa untuk berinovasi dalam rangkaian tugas mereka.

Jangan remehkan proses belajar secara online. Internet sangat memudahkan siapa saja untuk mengeksplorasi subjek pelajaran apapun, tanpa batasan. Pembelajaran daring saat ini menjadi tren positif yang patut dipertimbangkan!

Baca Juga: