rajaview

5 Cara Mudah Atasi Sembelit yang Mengganggu

29 Nov 2020  |  200xDitulis oleh : Admin
5 Cara Mudah Atasi Sembelit yang Mengganggu

Aghil - Saat tubuh mengalami sembelit, biasanya kita akan merasakan lelah, perut terasa kembung, dan tubuh terasa tak enak.

Sembelit ini tentu akan mengganggu, karena dapat menyebabkan kita sulit untuk tidur nyenyak, bahkan dapat memunculkan jerawat di esok harinya.

Melansir Tribunnews, berikut beberapa tips untuk mengatasi sembelit yang mengganggu.

1. Tambah asupan serat secara perlahan

Sembelit biasa terjadi karena asupan serat yang kurang pada tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk mencukupi kebutuhan serat didalam tubuh. Sehingga proses pencernaan akan sehat dan lancar.

Jika kamu jarang mengkonsumsi serat, pastikan kamu tambahkan secara perlahan. Hal ini agar tubuh tidak kaget dengan kandungan  serat yang terlalu berlebihan.

2. Konsumsi gandum

Gandum dikenal sebagai salah satu sumber serat yang baik bagi tubuh. Kandungan serat dibutuhkan untuk membantu melancarkan pencernaan didalam tubuh.

Elaine Feldman, MD., seorang Profesor Emeritus of Medicine di Medical College of Georgia mengungkapkan bahwa serat dapat membantu menggerakkan feses.

Meskipun serat baik untuk tubuh, kamu tak perlu memakasakan satu kotak gandum kedalam tubuh kamu. Kamu cukup mengkonsumsi tiga porsi sayuran, dua porsi buah-buahan, dan beberapa roti gandum sudah cukup untuk menggerakkan isi perut bersamaan.

3. Banyak minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh juga dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Dengan meminum enam hingga delapan gelas air setiap hari, maka feses akan dapat dilunakkan. Hal ini diungkapkan oleh Robyn Karlstadt, MD., seorang ahli pencernaan di Rumah Sakit Graduate di Philadelphia.

Untuk memudahkan kamu mencukupi kebutuhan air, siapkan sebuah botol yang akan diisi air setiap harinya. Simpan botol air tersebut di dekat kamu. Hal ini membantu dalam mengingatkan kamu untuk minum air putih.

4. Konsumsi kopi

Salah satu studi yang dilakukan di Inggris mengungkapkan, bahwa secangkir kopi berkafein ternyata mampu merangsang pergerakan usus.

Meskipun hal ini masih menjadi perdebatan, tak ada salahnya jika kamu mencoba hal ini. Pastikan kamu tak bermasalah dengan kafein sebelum mencoba hal ini.

5. Jongkok

“Jika Anda sembelit, berjongkok akan meluruskan sudut usus Anda dan mengeluarkan feses lebih cepat,” kata Jacqueline Wolf, MD, seorang ahli sistem pencernaan dan asosiasi profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Posisi jongkok mungkin dapat membantu Anda dalam mencegah sembelit secara alami.

Baca Juga: