Tryout.id

Manfaat Aplikasi Stok Gudang Untuk Bisnis Retail atau Grosir

1 Mei 2021  |  57xDitulis oleh : Admin
Manfaat Aplikasi Stok Gudang Untuk Bisnis Retail atau Grosir

Dalam perusahaan yang menjalankan bisnis retail atau grosir manajemen gudang adalah hal paling penting. Tanpa pengelolaan gudang yang baik , misalnya tanpa menggunakan aplikasi stok gudang, sudah pasti Anda tidak akan bisa menjalankan bisnis Anda dengan efisien. Bisa Anda bayangkan seperti apa kacaunya jika setiap barang yang ada di gudang Anda diletakkan sembarangan, tidak diberi kode pengenal atau tidak diketahui kapan tanggal kadaluarsanya. Dan bisa saja terjadi adalah kebingungan Ketika stock opname, kekacauan saat restock barang, dan barang yang membusuk di gudang karena tidak terpantau waktu kadaluarsanya.

Apabila Anda pernah mengalami kejadian seperti diatas, maka sudah saatnya Anda meningkatkan manajemen gudang Anda dengan menggunakan aplikasi stok gudang. Sebelumnya akan dijelaskan ap aitu aplikasi stok gudang. Aplikasi stok gudang adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengelola gudang atau beberapa gudang sekaligus supaya pengelolaan keluar masuk barang di gudang termasuk data laporan menjadi lebih mudah dan akurat. Menggunakan aplikasi gudang dari fitur Jurnal, Anda bisa mengakses secara online kapan saja, dikomputer, mobile dan di aplikasi Jurnal.

Aplikasi stok gudang memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi perusahaan seperti:

  • Mudah memantau persediaan

Bagi pebisnis retail dan grosir, aplikasi stok gudang akan memudahkan pemantauan persediaan. Hal ini dikarenakan menggunakan teknologi barcode yang berfungsi memberikan kode unik pada setiap barang di gudang. Dengan menggunakan barcode, Anda bisa mengetahu berapa jumlah barang yang terdapat dalam 1 paket barang serta lengkap dengan kapan tanggal kadaluarsanya.

Cara ini akan menghemat waktu Anda Ketika Anda melakukan stock opname. Pebisnis yang memiliki banyak barang didalamnya atau pebisnis yang memiliki banyak gudang di beberapa tempat akan sangat terbantu dengan teknologi ini.

  • Pemberitahuan stok barang yang menipis

Dengan adanya pemberitahuan stok barang yang mulai menipis, membantu pebisnis Anda untuk segera melakukan restock barang sebelum kehabisan stok. Fitur ini membantu Anda untuk terus menjual barang yang sedang banyak dicari oleh pelanggan Anda, akan tetapi Ketika jumlah permintaan berkurang, Anda bisa menyesuaikan replenishment stock Anda untuk menghindari overpurchasing.

  • Laporan lebih akurat

Keakuratan data adalah hal yang penting bagi para pebisnis retail dan grosir. Berapa barang yang terjual hari ini, barang mana saja yang sedang laku keras, hingga data pelanggan adalah informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para pebisnis untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

  • Efisiensi waktu

Apabila Anda memiliki banyak gudang di berbagai lokasi, terlebih jika masing-masing gudang menyimpan ribuan item didalamnya, bisa Anda bayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menjalankan stock opname. Tanpa bantuan aplikasi stok barang, proses stock opname tentunya akan memakan waktu. Selain itu stock opname manual sangat rentan dengan human error. Mencatat secara manual ribuan item yang ada di gudang adalah proses yang melelahkan dan menjemukan. Sst inilah biasanya staf Anda melakukan kesalahan.

  • Minimalkan biaya, memaksimalkan profit

Menggunakan aplikasi stok gudang adalah menghemat pengeluaran bisnis Anda. Anda mungkin merasa bahwa investasi yang Anda keluarkan saat membeli software terlampau mahal. Akan tetapi dalam jangka Panjang yang akan terjadi justru sebaliknya. Dengan mengefisiensikan biaya penyimpanan, pencurian barang di gudang, dan sejumlah factor lainnya yang berpotensi merugikan perusahaan, Anda akan banyak menghemat pengeluaran dari sisi pengelolaan gudang saja. Dan efisiensi semacam ini hanya bisa Anda dapatkan dari manajemen gudang menggunakan aplikasi stok gudang.   

Itulah beberapa manfaat menggunakan aplikasi stok gudang bagi pebisnis retail atau grosir. Aplikasi stok gudang terbaik yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi stok gudang dari Jurnal. Dengan fitur aplikasi stok gudang dari Jurnal Anda akan dengan mudah dan real time mengetahui ketersediaan barang. Dan ini adalah Langkah mudah melakukan stock opname dengan sistem yang otomatis. Jika Anda ingin bisnis Anda lebih berkembang, kembangkan bisnis retail atau grosir Anda dengan menggunakan aplikasi stok gudang dari Jurnal. Untuk keterangan lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi websitenya www.jurnal.id.

Baca Juga: