rajabacklink

6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

11 Sep 2020  |  47xDitulis oleh : Admin
6 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia adalah penyakit jantung. Sehingga sangat penting untuk kamu selalu menjaga kesehatan jantung supaya bisa terhindar dari berbagai penyakiy yang bisa berakibat fatal. Dalam banyak kasus, ada penyakit yang sering disebut silent killer yang seringkali tidak disadari oleh para penderitanya. 

Menurut data yang dilansir WHO atau World Health Organization menyatakan bahwa dalam setiap tahunnya, penyakit jantung merenggut 17,7 juta nyawa. Lebih dari setengah total kematian tersebut terjadi karena penyakit jantung coroner dan stroke. Bahkan diperkiralkan kematian karena penyakit jantung ini terus meningkat setiap tahunnya. 

Jangan sampai lalai kamu lalai dalam menjaga kesehatan jantung supaya terhindar dari penyakit kritis. Supaya jantung tetap sehat, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana dibawah ini :

1. Banyak Konsumsi Ikan

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat bagus dan dibutuhkan tubuh. Dimana salah satu khasiatnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti tuna, salmon, serta sarden yang dapat menjadi pilihan terbaik. Jenis ikan tersebut tidak hanya enak dimakan saja tetapi juga dengan mengkonsumsi ikan jenis ini dua kali seminggu maka akan dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3. 

2. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Mereka yang memiliki kebiasaan merokok atau ketergantungan beresiko tinggi untuk terserang penyakit jantung. Yang akan merasakan dampak buruk dari kebiasaan merokok ini tidak hanya perokok aktif saja tetapi orang orang disekitarnya juga akan turut terpapar asap rokok. Adanya zat dalam rokok yang sangat membahayakan kesehatan jantung serta dapat memberikan dampak fatal pada kinerjanya. Zat beracun pada rokok tersebut dapat mengganggu asupan oksigen serta nutrisi yang dapat menyebabkan gagal jantung. 

3. Mengkonsumsi Serat Wajib Hukumnya

Saat kamu rutin mengkonsumsi serat maka ini akan menjadi salah satu solusi membakar kolesterol jahat yang dapat menimbulkan resiko penyakit jantung. Kamu dapat memperoleh bahan serat dari gandum, kacang, buah buahan, sayuran, hingga sereal. Idealnya tubuh akan membutuhkan serat sebanyak 30 gram per hari. Tetapi kamu juga harus mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup sehingga tidak menyebabkan efek samping yang negatif pada tubuh. 

4. Olahraga Rutin Jadi Keharusan

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan secara umum, dan jantung secara khusus. Setidaknya setiap hari kamu harus mengolah tubuh selama 30 menit supaya badan tetap fit serta tetap terjaganya kesehatan jantung. 

5. Menghindari Godaan Lemak Jenuh

Salah satu zat yang memiliki peran besar dalam kolesterol yang dapat menggangu kesehatan jantung adalah lemak jenuh. Oleh karena itu wajib bagi kamu mengurangi konsumsi lemak jenuh jika ingin memiliki jantung yang sehat. Biasanya lemak jenuh ini akan ditemukan pada gorengan, susu kaya lemak, hingga makanan olahan. 

6. Mewaspadai Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi berpotensi menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Jika hal tersebut terjadi pada organ organ vital seperti jantung pastinya berpotensi menyebabkan kematian. Cara paling efektif untuk mempertahankan tekanan darah adalah pola hidup sehat serta menjaga asupan makanan. 

Selain itu masih ada cara sederhana lainnya untuk menjaga kesehatan jantung yaitu memperhatikan kadar gula darah. Seperti yang diketahui jika kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan diabetes, yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya. 

Baca Juga: