Obatkolesterol

Tanaman Obat Rumahan Dan Berbagai Manfaatnya

10 Jul 2020  |  30xDitulis oleh : Admin
Tanaman Obat Rumahan Dan Berbagai Manfaatnya

Jika anda mempunyai halaman yang luas atau teras rumah yang besar, sebaiknya mulai dimanfaatkan untuk mulai menanam tanaman obat atau tanaman yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain untuk pengobatan tanaman obat yang kita tanam bisa membuat halaman lebih sejuk dan asri tentunya. Ada juga jenis tanaman obat yg memiliki bunga, tentunya itu akan membuat halaman rumah anda terlihat lebih indah, menanamnya pun bisa menggunakan wadah pot kecil agar mudah untuk dipindahkan.

Banyak dari tanaman obat dan ada disekitar kita yang  sudah dijadikan obat herbal, bisa sebagai bahan utama atau sebagai bahan campurannya. Bagian-bagian dari tanaman obat juga biasaya hampir semuanya bisa dimanfaatkan, dari mulai daun, bunga, batang, bahkan akarnya.

Tanaman obat sangat berguna bagi yang anti terhadap obat-obatan kimia, jika kita sedang sakit dan tidak mau meminum obat kimia atau malas karena harus membelinya. Dengan kita menanam tanaman obat, hasilnya bisa langsung di manfaatkan tentunya karena obat alami sudah tersedia di halaman rumah kita.

Apalagi dimasa pandemi ini obat-obatan alami atau obat herbal bisa sangat berguna sebagai antibody atau untuk daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona.

Sebenarnya banyak sekali tanaman obat yang bisa kita tanam di pekarangan rumah kita, tapi mari kita bahas tanaman obat yang gampang unntuk dicari dan kita bisa langsung mulai menanamnya.

Pertama ada pepaya; Buah nya berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, serta daunnya bisa mengobati DBD dan meredakan nyeri saat menstruasi, bisa juga sebagai pengontrol tekanan darah.

Berikutnya ada jeruk nipis; ternyata jeruk nipis bisa menyembuhkan bukan hanya batuk, tetapi bisa juga untuk vertigo, darah tinggi bahkan ambeien.

Untuk tanaman yang memiliki bunga tentunya ada kumis kucing, yang sudah sangat dipercaya bisa menyembuhkan penyakit batu ginjal. Selain itu kumis kucing juga bisa mengobati rematik, asam urat, hypertensi hingga diabetes.

Tanaman obat yang berbunga berikutnya ada tanaman bernama kemuning, yang bila diekstraksi maka ekstraknya bisa berfungsi sebagai penurun glukosa yang berarti juga bisa menyembuhkan penyakit diabetes.

Untuk sekarang ini tanaman obat yang banyak dicari adalah jahe, karena tanaman ini sangat cocok untuk menjaga daya tahan tubuh untuk pencegahan virus corona. Tapi mungkin tanaman umbi seperti jahe ini lebih cocok di tanam di belakang atau di samping rumah saja, agar tidak terlalu terlihat karena bisa berpengaruh pada keindahan halaman anda.

 

 

Baca Juga: