Obatkolesterol

Cara meningkatkan Brand Anda di Youtube

7 Jul 2020  |  33xDitulis oleh : Admin
Cara meningkatkan Brand Anda di Youtube

Youtube merupakan platform online paling ramai untuk sekarang ini karena pengguna Youtube sendiri sudah mencapai lebih dari 2 milyar penduduk dunia dengan total durasi 1 milyar jam konten sehari.

Hal ini telah membuat Youtube sebagai search engine nomor 2 setelah Google, terutama bagi kalangan muda yang lebih suka dengan konten berbasis video daripada tertulis.

Kepopuleran Youtube ini tentu menjadi peluang bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauannya khususnya untuk meningkatkan brand bisnis mereka.

Meskipun Youtube merupakan tempat terbaik bagi pebisnis untuk meningkatkan brand mereka, terdapat banyak sekali cara untuk menerapkannya hingga bisa membuat anda kebingungan.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara meningkatkan brand anda di youtube, berikut cara yang tepatnya:

1. Buat program tayangan

Youtube memiliki satu kelebihan yang tidak dapat dimiliki oleh tv termasuk smart tv, tahukah apa itu?

Youtube memberikan kesempatan kepada para audiens untuk berinteraksi langsung dengan pemilik channel. Hal ini tentu merupakan kesempatan bagi anda untuk membangun hubungan dengan audines dan membuat mereka lebih percaya kalau anda adalah ahlinya dalam suatu bidang.

Jadi, pastikan anda membuat konten yang dapat membuat audiens untuk berinteraksi. Anda mungkin akan berhadapan dengan banyak troll, tetapi dari para troll itu juga akan memancing perhatian dari pengemar sejati.

2. Beriklan

Ada sesuatu yang unik dengan iklan yang dipasang di channel youtube, iklan-iklan tersebut dapat dilihat di mana saja dan kapan saja sehingga anda berkesempatan untuk mendapatkan lebih banyak traffic organic.

Menariknya lagi, youtube telah memperbolehkan pemilik channel untuk mendapatkan uang dari setiap klikan iklan dan andapun tidak perlu bersusah payah untuk mengarahkan audiens menonton iklan karena algoritme Google sendiri akan mengarahkan iklan tersebut ke viewer yang paling tertarik pada topik kesukaannya.

3. Brand entertainment

Brand entertainment adalah video yang hanya memiliki satu tujuan yakni menjual merek. Video ini akan disampaikan oleh pembuat video sebagai penyebutan sponsor atau banner sponsor.

Untuk menggunakan cara ini, tawarkan si pembuat konten dengan produk anda dan sebagai ganti, si pembuat konten harus membuat video yang berisi tentang pengalaman dia memakai produk tersebut.

4. Review produk

Cara lain untuk meningkatkan brand di Youtube adalah dengan mengirimkan sampel produk atau layanan anda ke pembuat konten. Tujuannya adalah untuk meminta pembuat konten membuat video review.

Dengan ini, audiens akan merasa lebih percaya pada tawaran anda, akan tetapi perlu anda ingat kalau tidak semua pembuat konten akan suka dengan produk anda.

Namun untuk meningkatkan kemungkinan kalau dia akan suka, pastikan kalau anda mengirim sampel ke pembuat konten yang memiliki audines banyak, berkualitas, dan sesuai dengan niche anda.

5. Video licensing

Video licensing merupakan jalan pintas untuk meningkatkan brand anda di youtube karena pada dasarnya anda langsung mendapat bocoran audiens dari video orang lain yang sudah viral.

Namun, cara ini akan berurusan dengan hukum. Jadi untuk memperlancar prosesnya, anda bisa menghubungi si kreator pembuat video viral itu untuk menjadikan video miliknya sebagai milik anda.

Biasanya, mereka akan meminta bayaran, tetapi semua tergantung dengan kesepakatan.

6. Mensponsori youtuber

Sekte selebriti tentu sangat diinginkan oleh para marketer karena pengikut mereka bersedia untuk membeli apapun dari saran mereka. Beruntung, Youtube memiliki selebritinya sendiri walau tidak sepopuler selebriti di Hollywood.

Dari sini, anda bisa bekerja dengan youtuber populer di niche anda untuk muncul di event tertentu bersama produk anda atau cukup mensponsori mereka ketika mereka mengadakan event umum.

Baca Juga: