hijab

Berbagai Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membuat Anak Percaya Diri

17 Sep 2020  |  52xDitulis oleh : Admin
Berbagai Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membuat Anak Percaya Diri

Berbagai Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membuat Anak Percaya Diri. Memiliki rasa percaya diri memang harus dalam diri seseorang. Dengan rasa percaya diri yang tinggi anak akan semakin bisa menapaki kehidupan yang keras ke depannya. Anak juga tidak akan mengunci diri dan berani mengutarakan opini mereka. Menjadi pribadi yang percaya diri bukan hanya akan membentuk anak yang berani, namun juga anak bisa memilki masa depan yang cerah. Masa depan yang cerah dimaksud adalah anak anda berani menghadapi segala masalah dan tidak bersembunyi. Anak anda juga akan menjadi pemimpin hebat kedepannya jika anda berhasil menerapkan rasa percaya diri. Percaya diri akan membentuk karakter yang lebih sukses jadi jangan lupa untuk membimbing anak menjadi pribadi yang percaya diri. Berikut berbagai cara yang bisa anda lakukan.

  • Libatkan Anak Dalam Pengambilan Keputusan

Menjadikan anak pribadi yang percaya diri memang bukan hal yang mudah. Hal tersebut membutuhkan banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan menjadikan anak anda terlibat dalam pengambilan keputusan. Jadi ketika anda sedang berdiskusi dengan pasangan anda misalnya, anda ajak berdiskusi juga bagaimana cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya anak anda masih berusia balita kemudian anda membuat boneka atau mainan mereka masuk ke dalam kolong dipan atau kursi misalnya. Lalu anda bertanya “gimana ya ambil mainannya” jadi anak anda biarkan dulu berpikir sendiri. Setelah itu anda baru membantu mereka bersama-sama jika memang anak anda buuh bantuan.

  • Puji Anak Anda Sewajarnya

Hal yang bisa anda lakukan untuk membuat anak percaya diri adalah dengan memuji anak. Dengan memuji anak anda, kepercayaan diri mereka meningkat. Namun jangan memuji dengan berlebihan. Jadi puji sewajarnya. Misalnya anak anda berhasil untuk mengerjakan PR sendiri. Anda puji anak anda hebat dan sebagainya. Nah ketika anak anda tidak melakukan apa-apa jangan tiba-tiba memuji anak anda karena membuat mereka menjadi pribadi yang sombong nantinya. Nah memuji anak dalam melakukan hal kecil seperti mengambil minum sendiri juga hal yang baik dan sewajarnya. Jadi pujilah anak anda dengan perbuatan bermanfaat yang mereka lakukan.

  • STOP Bandingkan Anak Anda Dengan Yang Lain

Salah satu cara yang juga bisa membuat anak anda percaya diri dengan jangan lagi bandingkan mereka dengan anak lainnya. Jadi anda harus menaruh kepercayaan pada anak anda bahwa anak anda terbaik. Meskipun anak orang lain lebih dalam segala hal dan anak anda hanya beberapa hal. Jangan pernah bandingkan anak anda dengan anak lainnya. Dengan melakukan hal tersebut anak anda akan merasa tidak percaya diri karena ibunya atau ayahnya sendiri saja lebih mengunggulkan anak lain. Jadi jika anak anda belum bisa membaca misalnya jangan pernah bilang si A atau si B sudah bisa masa kamu belum. Dengan kalimat tersebut anak anda akan merasa sedih. Jadi anda lebih baik bilang tidak apa-apa, kita belajar lagi ya.

  • Asah Bakat Anak Anda

Cara lainnya yang bisa anda lakukan dalam membuat mereka menjadi pribadi yang percaya diri adalah dengan membuat bakat mereka tetap berkembang. Jadi jika anak anda merasa bakat menarinya lebih menonjol dari pada berhitung misalnya. Terus asah dan semangati anak anda untuk mengembangkan bakat mereka. Dengan begitu anak anda akan merasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga: