RajaKomen

Keunggulan dan Manfaat Penyimpanan Data Cloud Storage Bagi Pebisnis

1 Nov 2021  |  89xDitulis oleh : Admin
Keunggulan dan Manfaat Penyimpanan Data Cloud Storage Bagi Pebisnis

Kemajuan teknologi pada saat ini tentunya diiringi dengan perkembangan internet yang semakin cepat membuat beberapa sector kebutuhan personal, bisnis hingga edukasipun terus berinovasi untuk menyesuaikannya. Dan salah satu inovasi yang saat ini mulai banyak digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari adalah dalam hal penyimpanan data yang bernama Cloud storage. Penggunaan teknologi ini berbasis jaringan internet yang bisa memenuhi kebutuhan personal, bisnis dan edukasi.

Dalam kebutuhan bisnis, Cloud Storage Indonesia banyak diminati oleh perusahaan dalam negeri untuk mengakomodir kebutuhan penyimpanan data yang aman dan fleksibel. Media penyimpanan jenis Cloud Storage tergolong simple dan menarik, hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa mengakses data simpanannya. Cloud Storage adalah terobosan terbaru dalam dunia penyimpanan data atau storage yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan media simpanan offline jenis hardisk dan flashdisk.

Penyimpanan data jenis Cloud Storage memiliki banyak keunggulan sehingga banyak diminati dan digunakan oleh banyak orang, kelebihan tersebut adalah:

  1. Keamanan data akan terjamin dan tidak akan hilang karena seluruh data disimpan ke dalam server.
  2. Simpanan data bisa diakses kapanpun dan dimanapun
  3. Anda tidak perlu khawatir file yang disimpan akan terkena virus yang menyebabkan kerusakan data file yang Anda simpan
  4. Media untuk mengaksesnya bisa melalui perangkat seluler atau gadget apa saja yang sudah terkoneksi dengan internet.

Cara kerja Cloud Storage adalah dengan mengirim salinan file ke hosting atau penyedia layanan cloud dengan menggunakan jaringan internet. Lalu cloud storage akan memberikan langkah-langkah dan memberikan Anda skses agar anda bisa mendownload file yang telah Anda simpan.

Apabila suatu saat dibutuhkan perubahan, Anda akan bisa dengan cepat mengakses Cloud storage tersebut untuk membuka data simpanan kapanpun dan dimanapun selama ada jaringan internet. Dan yang lebih menariknya penyimpanan data ini tidaklah sulit karena semua pengaturan sudah otomatis terpasang pada media internet.

Bagi pebisnis Cloud storage memiliki banyak manfaat dalam menunjang aktivitas bisnis.

  • Arsip Data

Bagi suatu perusahaan, data menjadi asset utama setiap bisnis yang wajib dijaga. Dapat anda bayangkan bagaimana kacaunya manajemen sebuah perusahaan jika data-data yang berhubungan dengan kontak pelanggan, histori penjualan, dan juga dokumentasi hilang atau rusak dalam media penyimpanan konvensional. Tetapi jika menggunakan Cloud storage dapat meminimalisir kejadian tersebut karena system yang digunakan sepenuhnya sudah online dan terkoneksi melalui internet. Jadi data yang disimpan dalam cloud storage relatif lebih aman dan mudah di kelola.

  • Sebagai Alat Berbagi

Cloud storage dapt digunakan sebagai media file berbagi. Dengan mengupload data perusahaan, maka Anda bisa membagikannya dengan mudah hanya dalam beberapa kali klik. Dan mayoritas cloud storage sudah memberikan fitur auto-syncronize sehingga Anda tidak perlu repot lagi mengunggah file satu persatu kedalam platform yang digunakan.

  • Mengoptimalkan Administrasi Bisnis

Cloud storage merupakan teknologi yang mampu mengoptimalkan administrasi bisnis perusahaan berkat efektifitas dan efisiensi sharing data. Bagi perusahaan jasa pengiriman yang memiliki beberapaa cabang di kota yang berbeda, bagian admin bisa lebih mudah melaihat data dari kantor di kota lain secara real time tanpa perlu mengirim kemudian mendownload file terlebih dahulu. Begiti juga dengan jajaran eksekutif perusahaan, setiap saat bisa mengecek data perusahaan dari manapun tanpa harus membawa media penyimpanan eksternal yang kurang efektif dan memerlukan perawatan yang khusus.

  • Mengontrol Data Agar Tidak Bocor  

Dengan menggunakan manajemen Cloud storage, tentunya ada banyak fitur yang bisa digunakan seperti pelacakan pengguna terakhir yang mengedit dokumen hingga mengatur siapa saja yang bisa mendapatkan akses agar data perusahaan tidak bocor ke tangan pesaing perusahaan.

  • Lebih Ramah lingkungan

Cloud storage adalah penyimpanan berbasis komputasi awan biasanya menggunakan teknologi server yang sudah dioptimalkan untuk bisa beropersi secara efisien. Selain itu juga tidak menghasilkan sampah dari barang-barang bekas harddisk rusak karena tidak memerlukan perangkat fisik.

  • Hemat Biaya

Penghematan disini dimaksudkan adalah biaya untuk kebutuhan penyimpanan data atau arsip perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena ketika sudah menggunakan cloud storage maka perusahaan tidak perlu lagi membeli harddisk sehingga tidak membutuhkan dana darurat untuk melakukan maintenance ataupun biaya perbaikan ketika mengalami kerusakan.

Itulah beberapa manfaat dari layanan penyimpanan Cloud Storage, layanan cloud storage ini bisa Anda dapatkan dengan memilih Cloud Storage dari IndiHome, karena Cloud Storage IndiHome adalah Cloud Storage Terbaik karena sudah dibekali dengan fitur-fitur terbaru dan berguna. Tingkatkan level bisnis Anda dengan memanfaatkan teknologi Cloud Storage dan website sebagai media promosi perusahaan.

Baca Juga: