RajaKomen

Inilah Penyebab Tangan Kesemutan atau Kebas dan Cara Mengatasinya

20 Jul 2021  |  89xDitulis oleh : Admin
Inilah Penyebab Tangan Kesemutan atau Kebas dan Cara Mengatasinya

Tangan kesemutan adalah hal yang biasa terjadi dan biasanya kondisi ini terjadi karena adanya gangguan dalam tubuh, apalagi di bagian system saraf. Sebenarnya tidak hanya tangan kesemutan saja yang bisa terjadi, bagian kaki Anda pun dapat merasakan hal yang sama. Agar kondisi tersebut tidak sering terulang, Anda perlu memperhatikan factor apa saja yang menyebabkam gangguan pada sistem saraf. Cobalah untuk memperhatikan gejala lain yang menyertai kesemutan, maka denga begitu diagnose dokter akan menjadi lebih mudah dan Andapun akan mendapat perawatan yang tepat dengan lebih cepat.

Tangan kesemutan atau kebas memang biasa seringkali terjadi pada siapa saja. Akan tetapi jika Anda mengalami kebas pada tangan lebih sering maka Anda harus lebih waspada. Karena hal tersebut bisa menjadi tanda dari adanya penyakit tertentu dalam tubuh. Tangan yang kesemutan juga bisa menjalar ke bagian tangan lainnya seperti misalnya jari tengah, ibu jari atau jari telunjuk.

Banyak factor yang menyebabkan tangan menjadi kesemutan atau rusak diantaranya adalah saraf yang rusak, terjadi peradangan, dan juga struktur pergelangan tangan. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kebas atau kesemutan pada tangan:

  • Tidur Dengan Menahan Kepala

Tangan yang kesemutan atau kebas bisa terjadi karena posisi tidur, dimana ketika Anda menopang kepala dengan tangan atau bisa saja ketika tidur dengan posisi terlentang dan posisi tangan ada dibelakang kepala. Kedua posisi tidur ini menyebabkan saraf yang ada di sekitar tangan memperoleh tekanan serta beban yang besar. Kinerja saraf akan menjadi terganggu dan menimbulkan sensasi yang mati rasa dan seperti ditusuk oleh jarum. Oleh sebab itu tidurlah dengan posisi yang normal jangan menahan kepala dengan tangan.

  • Neuropati Perifer

Tangan kebas atau kesemutan dapat disebabkan oleh neuropati perifer yaitu rusaknya saraf pada ekstremitas seperti tangan, kaki dan juga jari. Dan untuk mengatasi hal ini biasanya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B12 seperti telur, hati susu, daging ayam, daging sapi dan masih banyak lagi.

  • Kurangnya Asupan Makanan Bergizi

Tangan yang terasa kesemutan atau kebas secara terus menerus bisa juga disebabkan oleh kurangnya vitamin B12. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan pada saraf DNA dan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi pada para lansia, orang-orang yang terbiasa makan makanan yang tidak sehat, sedang menjalankan diet ketat atau yang mengalami gangguan makan. Dan cara mengatasinya dengan meningkatkan asupan makanan seperti daging merah, telur, susu, ikan. Atau yang lebih praktisnya Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks yang terdapat pada Neurobion  (putih).

  • Sindrom Carpal Tunnel (CTS)

Penyebab tangan kesemutan atau kebas yang paling sering terjadi adalah sindrom carpal tunnel. Secara umum hal ini terjadi adanya penekanan pada saraf median yang disebabkan oleh hipotiroid, diabetes dan penyakit semacamnya. Dan cara mengatasi sindrom carpal tunnel adalah dengan melakukan peregangan pada jari secara berkala. Dan untuk mengendalikan gejala sindrom ini bisa langsung konsultasi ke dokter.

  • Melakukan Gerakan yang Berulang-ulang

Tangan kesemutan atau kebas adalah gangguan kesehatan yang seringkali terjadi. Hal tersebut akan menyebabkan masalah yang ada di saraf media tangan hingga tanganpun sensitive pada tekanan. Bermain atau Penggunaan gadget berlebih juga dapat menyebabkan tangan kesemutan atau kebas. Cara mengobatinya adalah dengan mengonsumsi obat atau suplemen yang mengandung Vitamin B kompleks seperti Neurobion (putih).

Demikianlah beberapa penyebab tangan menjadi kesemjutan atau kebas dan cara mengatasinya. Nah setelah Anda mengetahui hal tersebut, Anda bisa mencegah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa menghindari kondisi tangan kesemutan yang bisa mengganggu aktivitas Anda.

Baca Juga: