MU

Perbedaan Sparepart Motor Honda Original (OEM), Aftermarket Dan Palsu Yang Harus Diketahui

13 Jun 2022  |  65xDitulis oleh : Admin
Perbedaan Sparepart Motor Honda Original (OEM), Aftermarket Dan Palsu Yang Harus Diketahui

Sparepart Motor Honda atau suku cadang dari motor Honda adalah bagian yang sangat penting pada sepeda motor Honda Anda. Dalam memilih sparepart untuk di gunakan janganlah di anggap remeh, karena akan berdampak pada performa sepeda motor serta keawetan nya. Sparepart yang beredar dipasaran sekarang ini dapat dikelompokan dalam beberapa kategori jika dilihat dari merek dari produsen sparepart tersebut. Ada tiga jenis kategori sparepart yang telah banyak atau paling umum dikenal masyarakat yaitu, sparepart OEM, sparepart aftermarket dan sparepart palsu.

Di artikel ini mari kita bahas perbedaan dasar dari masing-masing kategori sparepart yang telah di sebutkan diatas. Mari kita simak bersama-sama tentang perbedaan mendasar sparepart tersebut.

  • Sparepart Original Equipment Manucfaturer ( OEM )

Sparepart OEM atau yang di lebih dikenal dengan sparepart original alias asli, sparepart ini memang sengaja di jual untuk mendukung layanan purna jual dari sepeda motor keluaran pabrik tersebut. Oleh karena itu sparepart kategori original atau OEM ini memiliki kualitas material serta struktur yang memang sama dengansparepart yang ada pada motor kita.

Seperti produsen motor Honda, pabrikan Honda menyediakan suku cadang atau sparepart untuk lini produknya dengan merk HGP (Honda Genuine Part). Sebagian besar orang pasti beranggapan produk resmi dari pabrikan memiliki kualitas yang bagus dan lebih awet. Hal tersebut memang ada benarnya, karena tingkat presisinya benar-benar sama persis dengan sparepart yang terpasang pada motor. Namun biasanya sparepart original ini memiliki bandrol yang agak mahal dari sparepart aftermarket (non performa). Faktor tersebutlah yang menjadikan sparepart kategori tersebut sering dipalsukan.

  • Sparepart Aftermarket

Sparepart yang satu inimerupakan tandingan dari sparepart original (OEM), sparepart ini mempunyai kualitas serta harga yang berbeda dari masing-masing brand. Bagus tidaknya part golongan ini dengan produk OEM sangatlah relatif, tergantung dari kita memilih segmen parts performa atau non performa. Banyak pemilik motor yang lebih memilih komponen aftermarket untuk mendongkrak performa motor kesayangannya. Kelebihan sparepart aftermarket ini adalah mempunyai banyak model dan harga yang lebih kompetitif dari part original.

  • Sparepart Palsu Atau Imitasi

Sparepart yang satu ini adalah komponen besutan dari home industri atau buatan manufaktur yang non standar,bahkan ilegal atau tidak berizin. Produsen sparepart ini memang sengaja menipu konsumen dengan cara menjiplak produk original yang punya reputasi bagus. Harga jualnya terkadang di samakan dengan harga part original namun dengan kualitas barang yang buruk.

Perbandingan sparepart asli atau original dengan yang palsu memang terbilang gampang-gampang susah yang mengharuskan kita lebih cermat dan teliti didalam membeli sparepart motor. Selain kualitas yang sangat buruk, sparepart palsu ini bisa membahayakan keselamatan kita juga dan dapat pula membuat umur komponen lainnya lebih pendek dan menurunkan performa serta keawetan motor kita.

Itulah ketiga jenis kategori sparepart yang beredar dipasaran. Selain sparepart, yang tidak kalah pentingnya dalam perawatan motor Honda kita adalah service berkala di bengkel resmi Honda. Service secara berkala pada bengkel resmi Honda juga dapat meningkatkan performa mesin motor dan juga kekuatan dari sparepart motor kita. Bagi para pemilik motor Honda untuk urusan sparepart dan service motor dapat dengan mudah menservice motor dan mencari sparepart motornya dengan bantuan aplikasi daya Auto.

Platform Daya Auto yang dapat di download pada gadget Anda sangat memudahkan pelanggan dalam urusan sepeda motor Honda miliknya. Fitur-fitur yang terdapat pada platform Daya Auto seperti booking service motor Honda, gratis perlindungan asuransi kecelakaan bagi pengendara dan penumpang, diskon service di jaringan AHASS dan juga pembelian sparepart yang original Honda HGP dan banyak lagi yang lainnya, benar-benar membuat pelanggan motor Honda mudah dalam urusan motor kesayangannya. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih detail lagi tentang platform Daya Auto, dapat mengunjungi websitenya di www.dayaauto.co.id

Baca Juga: