rajabacklink

Apa Itu Fisioterapi Dan Jenis-Jenis Perawatan Dalam Fisioterapi

19 Mei 2022  |  106xDitulis oleh : Admin
Apa Itu Fisioterapi Dan Jenis-Jenis Perawatan Dalam Fisioterapi

Anda mempunyai masalah dalam menggerakkan bagian tubuh?. Fisioterapi dapat menjadi solusi untuk mengatasinya. Berdasarkan Kepmenkes NO 778 tahun 2008 tentang pedoman pelayanan Fisioterapi di sarana kesehatan, Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang di tujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan.

Yang lebih sederhana lagi, Fisioterapi dapat di definisikan sebagai pelayanan (treatmen) yang  berfokus pada gerak dan fungsi tubuh, dan orang yang melakukukan treatmen di sebut Fisioterapis. Fisioterapi dapat dilakukan pada pasien dari semua rentang usia dengan berbagai macam tujuan. Fisioterapi adalah terapi yang dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan dan pendekatan keseluruhan terhadap kesehatan dan kesehjateraan, termasuk juga gaya hidup pasien secara umum.

Adapun kondisi tubuh yang membutuhkan Fisioterapi dapat di golongkan berdasarkan sistem tubuh, berikut ini beberapa kondisi tubuh yang bisa di bantu dengan perawatan Fisioterapi :

  • Gangguan Otot kerangka Tubuh

Nyeri punggung, kram pada kaki, cedera di karenakan berolahraga dan arthritis adalah kondisi yang di akibatkan gangguan pada otot, tulang dan sendi. Kondisi tersebut membutuhkan Fisioterapi agar bisa pulih dan normal kembali lebih cepat. Pemulihan pasca operasi pada tulang dan otot juga seringkali memerlukan Fisioterapi.

  • Gangguan Sistem Saraf

Beberapa kondisi yang terkait dengan sistem saraf sepertri stroke,multiple scelerosis, cedera kepala,dan penyakit parkinson sangat memerlukan fisioterapi. Gangguan saraf yang di akibatkan penyakit-penyakit tersebut antara lain dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh, seperti susah bicara dan susah bergerak.

  • Gangguan Pernafasan

Melalui Fisioterapi, penyakit-penyakit seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan cystic fibrosis yang merupakan penyakit terkait sistem pernapasan dapat di ringankan. Fisioterapi dapat memberikan serangkaian metode mengenai bagaimana cara tubuh bernapas dengan  baik dan bagaimana mengontrol gejala asma, seperti batuk-batuk dan kesulitan  bernafas.

  • Penyakit Kardiovaskular

Gangguan pada jantung serta pembuluh darah atau istilah kedokterannya sistem kardiovaskular, yang dapat di bantu dengan fisioterapi adalah penyakit jantung kronis dan rehabilitasi setelah terkena serangan jantung. Dengan fisioterapi, hidup pasien setelah operasi akan lebih berkualitas karena adanya dukungan fisik dan emosi.

Untuk mengatasi masalah kesehatan seperti yang diatas fisioterapi dapat di gunakan dengan berbagai jenis perawatan, seperti :

1. Terapi Manual

Terapi manual adalah teknik yang di gunakan oleh ahli terapi fisik untuk melenturkan sendi dengan cara memijat langsung menggunakan tangan

2. Terapi Magnetik

Terapi ini menggunakan elektromagnet dengan berbagai macam jenis dan ukurannya. Alat elektromagnet ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang menyerang.

3. Stimulasi Saraf Transkutan Listrik

Terapi ini menggunakan perangkat alat yang kecil yang di gerakan dengan sumber daya batrei yang berfungsi mengirim arus tingkat rendah melalui elektroda yang di letakan pada permukaan kulit. Sama seperti elektromagnet, alat terapi ini bermanfaat untuk meredakan rasa sakit di berbagai bagian tubuh.

4. Taping

Taping adalah alat fisioterapi yang berbentuk berupa plester elastis yang bermanfaat menyembuhkan secara alami bagian tubuh yang cidera. Caranya dengan menyangga dan menstabilkan otot serta sendi tanpa membatasi gerak nya. Alat yang bernama kinesio tape ini di percaya mampu meningkatkan sirkulasi, dan mempercepat pemulihan bagian tubuh yang cidera. Alat ini juga dapat meringankan rasa sakit hingga membantu mengatasi peradangan dalam kulit.

5. Diathermy

Terapi yang satu ini merupakan terapi yang menggunakan panas yang di alirkan melalui arus elektromagnetik berfrekuensi tinggi untuk menyembuhkan berbagai kondisi bagian tubuh.

6. Ultrasound Dan Phonophoresis

Ultrasound terapeutik adalah terapi yang membantu menurunkan peradangan dengan mendorong panas kedaerah atau bagian tubuh yang cidera sehingga menyembuhkan kejang otot, meningkatkan metabolisme dan memperbaiki aliran darah ke jaringan yang rusak. Sementara phonophoresis adalah teknik yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk membantu penyerapan obat oles secara maksimal.

Itulah berbagai jenis perawatan dalam fisioterapi. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang apa dan fungsi dari fisioterapi sekarang sangat terbantu dengan adanya Website Fisioterapi, anda dapat dengan mudah meng klik www.halofisioterapi.com 

pada gadget anda. Halofisioterapi adalah website yang berusaha memberikan artikel edukasi di bidang fisioterapi yang mudah di akses dan terpercaya. Di halofisioterapi juga menyediakan informasi kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat luas.

Selain itu halofisioterapi juga menghadirkan halofisioterapi shop, yang menyediakan peralatan fisioterapi yang lengkap dengan harga yang terjangkau.

Berita Terkait
Baca Juga: