RajaKomen

Kantin Representatif : Kantin Sekolah yang Menjual Menu Makanan Sehat kepada Siswa dan Santri Pesantren

7 Des 2023  |  95xDitulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Ada berbagai macam kantin di sekolah dan di pesantren. Salah Satu contoh pesantren terkenal di Bandung menyediakan sebuah kantin yang dinamakan kantin representatif yaitu kantin sehat halalan toyyiban. Kantin jenis ini selain menyediakan makanan yang halal pastinya, juga menyediakan makanan yang insya Allah sehat. Karena kantin representatif ini bekerjasama dengan teknologi pangan Universitas Padjajaran untuk bisa memberikan standar makanan sehat dan layak jual bagi siswa dan santrinya.

Kantin Representatif : Kantin Sekolah Halalan Toyyiban 

Kantin merupakan salah satu fasilitas penting di lembaga pendidikan, seperti pesantren, sekolah, dan universitas. Kantin menjadi tempat bagi siswa dan santri untuk memenuhi kebutuhan makan dan minumnya. Oleh karena itu, kantin harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan makanan yang halal, sehat, dan bergizi bagi siswa dan santri.

Kantin yang halal berarti kantin yang menyajikan makanan yang sesuai dengan syariat Islam. Makanan yang disajikan tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan dalam Islam, seperti daging babi, darah, dan alkohol. Kantin yang sehat berarti kantin yang menyajikan makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Pesantren memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang berkualitas. Selain memberikan pendidikan agama, pesantren juga bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan kebersihan para santrinya. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan santri adalah konsumsi makanan.

Pesantren harus memiliki kantin yang representatif, yaitu kantin yang menyajikan makanan yang halal, sehat, dan bergizi. Kantin yang representatif dapat memberikan manfaat bagi santri, yaitu:

Menjaga kesehatan santri

Makanan yang sehat dan bergizi akan memberikan energi yang dibutuhkan oleh santri untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Santri yang sehat akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga dapat terhindar dari penyakit. Selain faktor dari kantin sehat ada juga beberapa faktor lain penunjang kesehatan santri seperti lingkungan yang bersih, fasilitas kesehatan yang terjaga dan kebiasaan dari pondok pesantren untuk memberikan standar kebersihan diri santri seperti wajib mandi minimal 2 kali sehari dan lain sebagainya.

Menunjang proses belajar mengajar

Santri yang sehat akan memiliki konsentrasi yang baik sehingga dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Beberapa kantin mungkin menjual berbagai macam makanan dan minuman tertentu, tapi kantin sehat pasti menjual jenis makanan dan minuman yang jika dikonsumsi tidak akan memberikan efek samping kepada para pembelinya di masa depan seperti, tidak menjual minuman bersoda, tidak menjual makanan dengan minyak bekas atau minyak yang dipakai berulang ulang, tidak menjual makanan dan minuman cepat saji yang menggunakan pemanis buatan dan berbagai macam hal lainnya.

Meningkatkan daya kreativitas dan produktivitas santri

Santri yang sehat akan memiliki daya kreativitas dan produktivitas yang tinggi sehingga dapat berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Tips mengelola kantin representatif

Bagi sekolah baik itu sekolah swasta atau negeri atau bahkan pondok pesantren, jika ingin mengikuti jejak kami sebagai lembaga yang memang fokus pada kesehatan siswa dan santrinya sebagai hal yang utama. Ada beberapa tips untuk menciptakan kantin representatif. Berikut adalah beberapa tips untuk mengelola kantin yang representatif:

Gunakan bahan makanan yang berkualitas dan segar

Bahan makanan yang berkualitas akan memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dan juga lebih aman dikonsumsi. Disini sekolah bisa membuat aturan untuk pihak pengelola kantin untuk bisa menggunakan bahan makanan yang berkualitas dan lebih baik lagi jika ada pihak dari teknologi pangan dari sebuah universitas yang ikut membantu karena ini memang berdampak sangat positif ke citra sekolah dan citra kantin.

Olah makanan dengan cara yang benar

Olah makanan dengan cara yang benar agar tidak mengandung bakteri atau kuman yang dapat membahayakan kesehatan. 

Sajikan makanan dengan cara yang menarik

Sajikan makanan dengan cara yang menarik agar dapat menggugah selera makan santri. Tapi ingat ketentuan dari pihak sekolah harus tetap diikuti, seperti beberapa sekolah selalu saja ada larangan larangan tertentu kepada pihak kantin seperti tidak boleh menggunakan jenis wadah wadah tertentu seperti styrofoam atau berbagai macam hal lainnya.

Berikan edukasi kepada santri tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat

Edukasi tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu santri untuk memilih makanan yang tepat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, pesantren dapat memiliki kantin yang representatif yang dapat memberikan manfaat bagi santri.

Berita Terkait
Baca Juga: