hijab

Selain Mencetak Siswa Berprestasi, Inilah Keunggulan Aplikasi Pijar Sekolah

6 Jan 2023  |  265xDitulis oleh : Admin
Selain Mencetak Siswa Berprestasi, Inilah Keunggulan Aplikasi Pijar Sekolah

Belajar online atau yang biasa dikenal dengan sebutan e-learning adalah salah satu metode proses belajar mengajar yang menggunakan internet dan perangkat teknologi digital dalam menyampaikan materinya. Metode sekolah online ini sangat popular dalam dunia pendidikan sejak adanya pandemic Covid-19 menyerang dunia, kegiatan proses belajar mengajar dengan cara bertatap muka langsung sangat dibatasi.

Belajar online atau Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan formal ataupun informal yang dilakukan oleh suatu lembaga dimana peserta didik dan instruktur ataupun guru berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan system komunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Secara sederhana pembelajaran online adalah pendidikan yang diajarkan dari jarak jauh tanpa ruang kelas secara fisik.

Dengan adanya belajar online atau sekolah online saat ini banyak platform-platform yang menyediakan aplikasi untuk memudahkan dalam belajar online. Salah satu platform sekolah online berbasis aplikasi adalah Pijar Sekolah dari Telkom Indonesia. Modernisasi pengelolaan sekolah dapat terwujud dengan menggunakan Pijar Sekolah. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur unggulan untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemic Covid-19 dan setelahnya.

Aplikasi Pijar Sekolah memiliki beberapa manfaat dan keunggulan yang dapat membantu memodernisasi Sekolah agar menjadi sekolah unggulan yang terus mencetak siswa siswi berprestasi, seperti:

  1. Memudahkan sekolah dalam memanajemen data secara digital dan terintegrasi. Melalui modul system informasi manajemen (SIM), sekolah Anda akan lebih mudah mengatur dan mengelola data sekolah, guru, murid hingga orang tua. Semua data hasil dari kegiatan belajar mengajar akan tersimpan secara digital dan dapat dipantau langsung oleh orangtua murid.
  2. Pembelajaran tanpa batas karena dilakuan secara daring. Anda dapat menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh secara optimal menggunakan fitur modul pembelajaran digital yang tersedia di Pijar Sekolah. Anda bisa memberikan materi pembelajaran, tugas dan ujian secara online.
  3. Guru mudah dalam mengukur kompetensi siswa. Walaupun dilakukan jarak jauh, sekolah online juga dapat dilakukan secara optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melalui fitur Pijar Sekolah, Anda dapat melatih kompetensi siswa siswi dengan membuat latihan soal hingga melakukan evaluasi secara mandiri dari bank soal yang tersedia. Dan hasil ujian juga dapat keluar cepat karena system nilai yang terotomatisasi.

Pijar Sekolah menyediakan berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda dalam menyelenggarakan Pembelajaran jarak jauh melalui bermacam-macam modul seperti:

  1. Modul SIM Sekolah terdiri dari pelaporan absensi siswa dan guru, arsip hasil ujian, penjadwalan dan kalender sekolah, pengelolaan data sekolah dan guru, pelaporan data orangtua, serta penyediaan dashboard sekolah.
  2. Modul Pembelajaran Digital meliputi buku digital sekolah dan buku digital interaktif, video pembelajaran, lab Maya, kelas virtual, serta fasilitas untuk mengunggah dan mengunduh tugas sekolah.
  3. Modul Ujian terdiri dari latihan dan pembahasan soal, evaluasi siswa mandiri, ujian sekolah berbasis aplikasi (USBA), penilaian ujian, analisa hasil ujian, evaluasi guru, pelaporan nilai siswa, dan bank soal.

Belajar online memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi pelajar, diantaranya yaitu:

  • Praktis dan fleksibel Keuntungan pertama dari pembelajaran online adalah kepraktisannya. 
  • Pendekatan yang lebih baik Pembelajaran online menggunakan pendekatan teknis yang lebih sesuai untuk siswa masa kini daripada pembelajaran di kelas konservatif. 
  • Pengalaman belajar yang menyenangkan Pembelajaran online telah merilis elemen pembelajaran  berikut di dalam kelas: Guru dengan spidol dan papan tulis dan siswa dengan catatan dan pena 
  • Beberapa teknik pembelajaran online yang lebih pribadi menggunakan materi satu arah, tetapi banyak juga yang  menyediakan komunikasi dua arah. 
  • Menghemat Waktu dan Uang Misalnya, pelajaran tradisional dua jam akan memakan waktu setidaknya tiga jam sebelum pelajaran dimulai karena adanya perpindahan ruangan. 6. Mudah untuk didokumentasikan Metode pembelajaran tradisional mengharuskan siswa  untuk membuat catatan atau menyalin materi sendiri. 
  • Pergerakan ramah lingkungan dibatasi, yang secara tidak langsung dapat mengurangi paparan kendaraan. 

Alternatif Jarak Sosial Merebaknya COVID-19 memaksa interaksi sosial dibatasi guna memutus mata rantai distribusi, termasuk proses pendidikan dan pembelajaran di kelas.

Platform e-Learning yang berkualitas juga akan membantu meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah. Semakin baik suatu platform, semakin banyak fungsi-fungsi yang dapat membantu proses pembelajaran. Sehingga, guru dan siswa bisa lebih berfokus pada materi dan kurikulum yang diajarkan.

Selain itu, platform e-Learning juga membutuhkan pengawasan. Anda harus memastikan bahwa sistem tersebut bisa berjalan selama 24 jam. Sehingga, pengguna platform bisa mengakses fitur di dalamnya kapan saja sesuai kebutuhan.

Tanpa adanya metode pembelajaran yang matang, penggunaan e-Learning tidak akan menjadi maksimal. Guru harus menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun metode pembelajaran. Sehingga, proses belajar menjadi lebih interaktif dan maksimal

Baca Juga: